Kamis, 11 Agustus 2016

JURUSAN TEKNIK MESIN

  1. JURUSAN TEKNIK MESIN

logo hmm  TEKNIK MESIN adalah ilmu yang menerapkan ilmu fisika dalam analisis,pembangunan,operasi. Jurusan Teknik Mesin merupakan program studi di bawah Fakultas Teknik Universitas Muhammadiyah Malang berdiri tahun 1978, yang sebelumnya menyelenggarakan ProGram Sarjana Muda. Pada tahun 1981 memperoleh Status Terdaftar melalui SK No 094/0/1981.


A.FASILITAS JURUSAN
  1. Laboratorium Permesinan Otomatik dan Perancangan
Laboratorium ini berfungsi sebagai pelayanan praktek mahasiswa dalam mata kuliah pemrograman mesin CNC, precision machining (EDM), design engineering. Selain dipergunakan pembelajaran laboratorium ini juga dapat dipergunakan untuk riset dan pelayanan konsultasi pemakaian, perawatan dan pembuatan komponen mesin menggunakan mesin CNC dan EDM.
Peralatan yang digunakan terdiri dari CNC Emco TU 2A, ET100, VMC 120, CTS 100, TU3A, EDM, komputer dengan berbagai software.
  1. b. Laboratorium Konversi Energi dan Otomotip
Laboratorium ini berfungsi sebagai pelayanan praktek mahasiswa dalam mata kuliah mesin konversi energi, motor bakar, dan maintenance. Selain dipergunakan pembelajaran laboratorium ini juga dapat dipergunakan untuk riste dan pelayanan konsultasi sifat-sifat teknik energi dan otomotive.
Peralatan yang dipergunakan terdiri dari Centrifugal Pump Test Rig, petrol engine test bed, refrigeration test bed, water turbine test bed, petrol engine stand (5 buah), diesel engine stand (2 buah), gas analyzer & smoke tester, engine analyzer, mechanical professional tool kits, automobile module, automobile multimeter dll.
  1. LaboratoriumDasar Teknik Mesin
Laboratorium fenomena dasar mesin ini dipergunakan untuk membuktikan fenomena-fenomena dalam ilmu dasar teknik mesin pada mekanika, statika dan panas serta sistem dasar kontrol otomatik seperti dasar pneumatik dan hidraulik.
Peralatan yang digunakan antara lain static and dynamics of strength of materials, fluid mechanics and hydraulics, heat transfer, thermodynamics, basic pneumatics and hidraulics dari festo. Selain peralatan utama tersebut, laboratorium ini juga memiliki peralatan-peralatan penunjang untuk riset seperti thermocouple, anemometer, sound level meter, vibrometer, light meter dan lain-lain.
  1. Laboratorium pengujian Material
Laboratorium ini berfungsi sebagai pelayanan praktek mahasiswa dalam mata kuliah pengujian material. Selain dipergunakan pembelajaran laboratorium ini juga dapat dipergunakan untuk riset dan pelayanan konsultasi sifat-sifat material teknik.
Peralatan yang digunakan, meliputi peralatan utama yang terdiri dari Universal testing Machin, Brinell Hardness Tester, Vickers Hardness Tester, Rockwell Hardness Tester, dan peralatan bantu yang mencakup peralatan grinding, jominy test, tought point sensor, dll.
  1. Laboratorium Manufaktur dan Metrologi
Laboratorium ini berfungsi sebagai pelayanan praktek mahasiswa dalam mata kuliah Proses Produksi, Perancangan Mesin, Pemilihan Bahan dan Proses, metrologi Industri. Selain dipergunakan pembelajaran laboratorium ini juga dapat dipergunakan untuk riset dan pelayanan konsultasi serta produksi paralatan mekanikal.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar